-->

Berita untuk semua

4 Cara Agar Anak Patuhi Orangtua

8/24/2015

4 Cara Agar Anak Patuhi Orangtua

4 Cara Agar Anak Patuhi Orangtua

Setiap orang tua pasti mendambakan memiliki anak yang patuh pada orangtuanya. Mereka berharap anak akan tumbuh menjadi pribadi yang sesuai harapan mereka. Namun, mendidik anak bukanlah perkara mudah apalagi di tengah arus lingkungan yang begitu sekuler. Memisahkan agama dari kehidupan. Di rumah, kita berusaha membentuk kepribadian yang baik untuk mereka tapi lingkungan dengan mudahnya menghancurkan tembok yang susah payah berusaha ditegakkan. Maka ilmu, kesabaran, keistiqomahan dan tidak lupa juga do’a menjadi senjata bagi orangtua dalam mempertahankan agar anak kita tidak terbawa arus negatif.

Dalam rangka berbagi ilmu dalam mendidik anak agar patuh, berikut 4 cara yang bisa kita usahakan yang dikutip dari sayangianak, semoga dapat bermanfaat bagi orangtua :

1. Dengarkan mereka.
Mau mendengarkan adalah kunci dari cara mendidik anak yang baik. Jika mau mendengar keluhan anak, maka mereka pun akan mendengar perintah orangtua.

2. Tatapan mata
Tatapan mata memiliki kekuatan untuk menunjukkan perasaan. Saat orangtua menatap mata anak, maka anak akan melihat orangtua mereka memberikan perhatian, bukan amarah.

3. Hindari teriakan
Teriakan tidak pernah menjadi cara mendidik anak yang disarankan karena hanya akan membangkitkan emosi.

4. Introspeksi diri
Terkadang orangtua lupa bahwa mereka pun sering ingkar janji. Dari semua teori cara mendidik anak, introspeksi diri sering terabaikan oleh orangtua.

BACA : Ingat !! Sekali Membentak, Milyaran Sel Otak Anak Rusak

Demikian diantara ikhtiar orangtua agar anak patuh. Allah ta’ala berfirman :

“Dan orang-orang yang berkata, ‘Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami) dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa’.” (QS. Al Furqon : 74)

sumber : muslimazone